Power Supply



Pengertian Power Supply
Power suplay merupakan sebuah kotak yang merupakan tempat transformeter kontrol voltase dan kipas. Power supply unit adalah komponen komputer yang memasok listrik ke komponen lain dalam komputer. Power supply unit biasanya dirancang untuk mengkonversi arus linstrik bolak-balik (AC 220-240V) menjadi arus listrik DC tegangan rendah untuk dapat dikonsumsi oleh komponen internal komputer yang membutuhkan daya.
Jenis Power Supply

A. Power Supply jenis AT

Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika disatukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komuter, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supply jenis AT.

B. Power Supply jenis ATX

Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

Masalah maslah power supply
a). Mati total (tidak ada tegangan keluaran pada semua pin)
b). Tegangan keluaran tidak stabil
c). Tegangan keluaran +12V lebih besar
d). Tegangan keluaran +12V drop
e). Tidak ada tegangan keluaran +5V
f). Tidak ada signal tegangan pada power good
CIRI-CIRI PSU YANG LAYAK &TIDAK LAYAK PAKAI
Description: jajal.jpegkadang kala kita dibingungkan oleh kodisi power suply. Kita kadang ragu untuk mengganti PSU dikarenakan kondisi yang masih membingungkan. Ada kalanya PSU mengalami kondisi drop, tetapi kita tidak yang dan takut untuk spekulasi dalam mengganti PSU tersebut. Nah, bagaimana cara mengetahui bahwa PSU tersebut drop ? apa saja ciri-ciri dari PSU yang drop ? Silahkan simak terus artikel berikut
Ada beberapa ciri yang bisa mengindikasikan bahwa PSU komputer sudah drop, diantaranya:
  1. PSU masih nyala, tetapi monitor tidak menampilkan gambar apapun, walaupun BIOS.Jika dalam kondisi seperti ini, CD ROM juga masih bisa membuka dan menutup cover. Num Lock yang ada di keyboard juga masih berfungsi dengan baik.
  2. Biasanya lampu indikator harddisk akan nyala terus (menyala seperti lampu power)
  3. Jika komputer masih nyala, biasanya sering restart atau bahkan mati sendiri
  4. USB port menjadi tidak berfungsi
  5. Komputer sering Hang sendiri
  6. Kondisi akan lebih parah jika anda menambahkan beban PSU, misal menambahkan harddisk baru, CD ROM drive baru atau kipas baru
  7. Sering terjadi beberapa peripheral tidak terdeteksi di BIOS, seperti CD ROM drive atau harddisk (dalam kondisi komputer masih mampu untuk menyala)
beberapa point diatas bisa dijadikan sebagai referensi awal dalam memprediksi kondisi drop PSU komputer anda. Untuk memastikan bahwa PSU anda benar-benar drop, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Lepas semua kabel PSU yang menancap ke semua peripheral yang ada dalam casing komputer. Lepaskan semuanya.
  2. Siapkan kawat/klip kertas yang biasa digunakan dikantor-kantor
  3. Description: psudrop.jpegjumper/hubungkan kabel warna hitam dengan warna hijau yang berada dalam konektor power 20 atau 24 pin
  4. Hubungkan PSU ke jaringan listrik
  5. Dalam kondisi ini ada kalanya kipas PSU masih mau berputar, tetapi hal tersebut belum bisa mengindikasikan bahwa PSU benar-benar dalam kondisi fit
  6. Sekarang coba berikan beberapa beban ke PSU tersebut. Bisa menggunakan CD ROM, kipas atau harddisk (saran saya jangan pake harddisk, takutnya cepet rusak). Bersamaan dengan hal itu, lakukan pula pengecekan terhadap tegangan keluaran pada 12 V dan 5 Volt dengan menggunakan volt meter pada posisi skala 50 (lebih bagus jika menggunakan AVO meter yang digital, agar hasilnya lebih mudah dilihat karena berupa angka). Sambil dilakukan pengetesan tegangan, anda juga bisa melakukan kegiatan membuka dan menutup cover CD ROM.
  7. Jika dalam pengetesan poin 6 didapat hasil pengetesan tegangan yang berubah-ubah dengan pergerakan yang lumayan besar, maka bisa dipastikan PSU tersebut dalam kondisi drop.
Demikian penjelasan singkat mengenai cara mengetahui PSU yang drop. Setelah anda yakin bahwa PSU anda drop, maka anda bisa menentukan langkah selanjutnya, apakah akan menggantu PSU anda dengan yang baru atau mencoba dulu untuk memperbaikinya.


Menangani permasalahan pada Power Supply
cara yang saya lakukan dan teman teman untuk memulai menangani masalah pada power supply yang terdapat pada Komputer/PC  yang pertama, yaitu kami mengucap basmalah agar saat kita melakukan pekerjaan itu di ridhoi allah dan selamat dari hal hal yang tidak di inginkan. Dan cara selanjutnya kami  menyiapkan beberapa alat alat mekanisme yang wajib digunakan saat untuk membongkar power supply. Diantaranya kita menyiapkan obeng plus dan obeng minus serta multimeter yg berfungsi agar kita bisa mengetahui arus aliran listrik itu hidup atau mati. Ini ada beberapa gambar dari alat alat yang kami gunakan saat kami melakukan perbaikan terhadap power supply. Ini penampakannya.
Description: I:\Images\100_2012\09022012_022.jpg 

Untuk langkah langkah selanjutnya kami melakukan pengecekan terhadap power supply terlebih dahulu dengan cara memasukan kabel power ke power supply yang diragukan hidup atau matinya power supply tersebut.
setelah dilakukan pengecekan ternyata power supply hidup tapi kipas tidak berputar. Nah, saat itu kita melakukan Langkah selanjutnya, yaitu kami melakukan pembongkaran pada power supply dengan sangat berhati  hati.
ada beberapa langkah yang kami lakukan:

langkah pertama kita melakukan pencopotan casing bagian atas pada power supply tersebut
Description: D:\praktek\09022012_006.jpg

Langkah kedua, kami mengecek kabel kipas yang kami kira tadi ada masalah di bagian tersebut
Description: D:\praktek\09022012_002.jpg

Langkah ketiga, kami melakukan pengecekan ulang pada power supply khusunya di bagian kipas yang tadinya mati. Kami telah menemukan kerusakan pada bagian kabel di kipas tersebut. dan ternyata setelah kami lakukan pengecekan ulang, hasilnya positif, kipasnya hidup.
Description: D:\praktek\09022012_024.jpg


langkah keempat, kita melakukan pembongkaran seluruhnya perangkat yanga ada di power supply untuk melakukan pembersihan debu atau kotoran.
Description: D:\praktek\09022012_019.jpg

Langkah kelima, kami melakukan pembersihan di komponen komponen penyusun power supply tersebut.
Description: D:\praktek\09022012_010.jpg

Langkah keenam, kami melakukan pengecekan kuat arus listrik yang ada di power supply. Pengecekan tersebut kami lakukan untuk memastian jika komponen komponen yang terdapat di power supply tersebut masih pada keadaan yang hidup.
Description: D:\praktek\09022012_016.jpg

Langkah ke tujuh, kami melakukan pelepasan kipas di power supply untuk memberikan pelumas pada poros kipas tersebut agar putaran kipas lebih enteng.
Description: D:\praktek\09022012_001.jpg

Langkah ke delapan, kami melakukan pemasangan ulang terhadap kipas dan perangkat perangkat power supply lainnya
Description: D:\praktek\09022012_021.jpg

Langkah terakhir, kami melakukan pengecekan terhadap power supply. Dan hasilnya power supply yang kami perbaiki tadi berhasil hidup dan berfungsi seperti sedia kala.
Description: C:\Users\raka\Documents\NICE.png

Demikianlah hasil praktek yang kami lakukan untuk menangani permasalahan pada Power Supply. Kurang lebihnya penulisan yang saya tulis ini jika masih banyak ada kesalahan dalam penataan bahasa maupun kalimat yang kurang berkenan, saya sebagai penulis meminta maaf sebesar besarnya.

18 Feb 2012 10.27

2 Responses to "Power Supply"

Iklan Atas Artikel Banner 300x250 dan Popunder (NOW ADSENSE)

Iklan Tengah Artikel 1 (Direct Link dulu ex Banner 300x250)

Iklan Tengah Artikel 2 Social Bar (adpt) ADSENSE

Iklan Bawah Artikel Banner 300x250 (NOW ADSENSE)