Apasih Department Kominfo di HMTE?





setelah saya temui seusai mengadakan acara magang di department kominfo, ketua department kominfo yaitu mas Avis dari Jurusan Elektro Tahun 2012 bersedia memberikan waktunya untuk bisa di wawancara. Pada kesempatan tersebut, saya ingin mencari tahu sebenarnya apasih itu department Kominfo dan tugasnya di lingkup HMTE Jurusan Elektro Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Sebelumnya saya menanyakan kepada mas Apis alasan ingin bergabung di department kominfo, dan dia menjelaskan ke saya bahwa dia bergabung karena ingin mengasah jiwa organisasinya, padahal sebelumnya dia ingin mengikuti UKM Pramuka, karena jadwal ospek jurusan yang sangat menyita waktu, pada akhirnya mas Apis memilih untuk bergabung menjadi anggota department kominfo di lingkup Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE)

Menurut Mas Apis sendiri department Kominfo (dulunya Kerinfo) adalah sebuah department yang bertugas untuk memberikan informasi yang tepat dan aktual kepada seluruh mahasiswa di jurusan DTE dan DTJ, informasi yang berupa informasi akademik maupun non akademik. Mengenai informasi akademik, divisi ini mencari tahu melalui dua mading yang dikhususkan untuk bagian akademik yang berisi informasi UKT, KRS, Magang dan lainnya. Untuk informasi non akademis, didapatkan melalui informasi dari grup chatting dengan teman di beda jurusan atau dengan teman kelas yang biasanya suka berbagi informasi terkini, lalu akan di sebarkan melalui beberapa media. Media yang digunakan department Kominfo ini ada media sosial yang berupa fanspage facebook, twitter, dan website, ada juga poster yang ditempelkan di mading.

Program Kerja atau biasa disebut proker di Kominfo ini ada beberapa yang telah berjalan yakni, Semnas(seminar nasional), Maestro (), Mading, Forum HMTE(berupa media sosial facebook,twitter, website). Di setiap proker sendiri memiliki Penanggung Jawab yang berjumlah satu orang. Saat mencari informasi department ini tidak diwajibkan untuk memberlakukan jadwal rutinitas, namun para penanggung jawab memiliki berbagai cara agar informasi tetap bisa didapat dan di bagikan kepada mahasiswa. Dan mas Apis mengatakan bahwa menjadi Penanggung Jawab atau PJ ini bersifat fleksibel, yang artinya mampu atau bisa membantu proker yang lain saat melaksanakan tugas, namun tetap bertanggung jawab terhadap proker yang dipegang. Karena bila tidak bertanggung jawab, maka akan diberikan peringatan oleh ketua department Kominfo sendiri.

Sedikit menyinggung ke proker mading, bahwa mas Apis telah melakukan aksi berupa program pembersihan dan pengurusan mading yang terdapat di sekeliling DTE dan DTJ. Program ini berawal karena mas Apis sendiri merasa risih melihat tiga mading yang tidak terurus hingga poster poster saling bertumpukan dan tidak enak dilihat. Dengan niat yang baik, mas Apis langsung meminta izin ke akademik untuk meminta kunci mading agar mading yang ada biar terawat dengan baik dan rapi. Pada akhirnya mas Apis melakukan pembersihan total dan melakukan peraturan bila poster yang ingin di tempel dimading wajib ditempatkan dahulu di kotak poster yang terdapat di dekat ruang Sekretariat HMTE yang nanti akan dilanjutkan untuk ditempel oleh pengurus Mading yang merupakan dari proker Kominfo. Ada beberapa kriteria yang di berikan pada poster yang akan ditempelkan di mading yakni tidak boleh mengandung unsur sponsor yang berupa Rokok dan Minuman Keras, karena telah dilarang oleh Ketua Department Program studi DTE dan DTJ bapak Lukman. Namun, untuk poster yang berupa promosi usaha yang dimiliki Mahasiswa sangat diperbolehkan kecuali usaha yang berunsur negatif.

Mengenai rekruitmen sendiri mas Apis menjelaskan, bahwa dulunya pada saat dia mendaftarkan tidak ada sistem magang untuk menjadi anggota di department kominfo, hanya sekedar ditanya bisa berkontribusi apa di department kominfo dan menuliskan bakat yang dimiliki yang berkaitan dengan Kominfo, seiring berjalannya waktu, berawal dari keahlian design yang mampu memberikan kontribusi di kominfo, mas Apis diangkat sebagai ketua department Kominfo. Dan sekarang mas Apis menjelaskan bahwa untuk menjadi anggota di kominfo sendiri adalah bukan dari kemampuan public speaking yang bagus yang dimiliki, namun bisanya para anggota untuk bekerja team dengan baik, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian sekilas wawancara saya dengan seorang ketua department kominfo di HMTE semoga bisa membuka wawasan pembaca mengenai apasih itu Kominfo di HMTE. Sekian dan terimakasih.

24 Okt 2014 21:3720

0 Response to "Apasih Department Kominfo di HMTE?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Banner 300x250 dan Popunder (NOW ADSENSE)

Iklan Tengah Artikel 1 (Direct Link dulu ex Banner 300x250)

Iklan Tengah Artikel 2 Social Bar (adpt) ADSENSE

Iklan Bawah Artikel Banner 300x250 (NOW ADSENSE)