Agar DVD/CD Rom Dapat Membaca Lagi Isi DVD/CD dan DVD/CD Tidak Terdeteksi Komputer



Ya kalau bukan karena melakukan praktek kerja saya juga tidak bisa akan mencatat hal ini. Artikel ini berdasar pengalaman saya ketika melakukan perbaikan  komputer di kantor. Spesifiknya menangani DVD/CD Rom tidak bisa membaca isi DVD/CD. Disini saya akan menshare pengalaman saya agar DVD/CD Rom bisa membaca isi disk dan DVD Rom mampu mendeteksi cd lagi. Berikut penanganannya:

1. Pastikan DVD/CD yang akan di masukan ke dalam DVD/CD Rom bebas dari cap tangan yang kadang membekas ketika dipegang dan kena dibagian tengah kepingannya. Bersihkan dengan cairan pembersih kepingan cd.

2. Pastikan juga periksa dahulu apakah lampu indikator pada CD/DVD Rom menyala, jika tidak berarti ada masalah di power. Coba ganti kabel power yang terhubung ke CD/DVD Rom dengan kabel power yang lain. Jika lampu indikator sudah menyala tapi tidak tetap tidak terdeteksi, langkah selanjutnya adalah mengecek kabel IDE. Kabel ukuran flexi/ukuran besar yang menempel disamping kabel power. Coba ganti dengan kabel IDE yang baru, biasanya dengan menggunakan dua langkah ini CD/DVD Rom dapat terdeteksi kembali. Jika tidak, maka ada kerusakan hardware dan anda harus membeli yang baru.

Ada tambahan juga nih, jika DVD Rom tidak mau keluar saat setelah di tekan tombol eject-nya:
caranya mudah sekali, Anda tinggal mengambil penjepit kertas, kemudian sambil menekan tombol eject, masuk dan tekan lubang kecil yang terdapat di drive CD/DVD Rom.

Semoga bermanfaat bagi Anda semua. sekian dan terimakasih.


29 Jan 2013 22:31

2 Responses to "Agar DVD/CD Rom Dapat Membaca Lagi Isi DVD/CD dan DVD/CD Tidak Terdeteksi Komputer"

  1. sarap maneh, batur ngabahas cd/dvd rom. ieu malah ngmongkeun eyang remban.
    mawa - mawa togel sagala deuih..
    SARAP !!!!

    ReplyDelete
  2. enya sarap eta jalma teh hahaha...tobat lur..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel Banner 300x250 dan Popunder (NOW ADSENSE)

Iklan Tengah Artikel 1 (Direct Link dulu ex Banner 300x250)

Iklan Tengah Artikel 2 Social Bar (adpt) ADSENSE

Iklan Bawah Artikel Banner 300x250 (NOW ADSENSE)