Not Responding? Lakukan Cara Ini

cara-mengatasi-not-responding-di-laptop-dan-komputer

Solusi Not Responding.

Topik ini saya angkat berdasarkan pengalaman saya mengalami program di laptop dan komputer yang  berstatus not responding, disini saya akan share kenapa hal ini bisa terjadi.

Penyebab not responding atau biasa disebut ngehang adalah hal yang wajar apabila komputer kita didooor atau dipaksa menajalankan program yang berat. Sangat lumrah kok, jangan khawatir.

Khawatirnya kalo program kita belum di save. wkwk kelarrr deh.... kuncinya sabar dan ikhlas. jangan misuh misuh ya. sabar aja pokoknya. wkw.

Pertama karena mungkin kapasitas memory ram dan harddisk sudah minimalis terus dipaksa install aplikasi yang berat. Coba cek kapasitas ram di control panel sisa berapa. pastikan jangan sampe merah-merah juga pada harddisk.

Kalo udah dicek memory aman, cek lagi mungkin bisa karena virus tuh. Ya, malware seperti ini bisa ngebuat kinerja memory di ram atau di harddisk bekerja tidak wajar. Kalo ada antivirus, bisa langsung di scan aja, kalo bisa antivirusnya juga jangan yang crack-crack an ya, wkw sama aja dongg.. beli di marketplace banyak yang murah. Gamau beli? pake windows defender aja diupdate terus jadi yang terbaru.

Udah aman juga ngga ada virusnya? Sekarang coba cek aplikasi yang lagi dipake sama beberapa driver di windows yang mungkin udah usang dan perlu di update. Solusinya gimana? yauda update aja windowsnya, nanti semua driver juga otomatis ikut terupdate ke versi yang baru kok. Catatan ya pastikan memori dan harddisk pada fase ini ngga merah-merah alias penuh. kalo penuh upgrade dulu atau solusi lain uninstall aplikasi yang memakan memory banyak. Gimana ceknya? di Control panel > Program dan aplikasi > Short dari program yang menggunakan memori terbesar > Klik kanan > Uninstall Program > Selesai.

Kalo bener-bener dari cara diatas mulai dari cek memory ram, harddisk, scaning virus atau malware pakai anti virus bawaan windows atau dari merk lain, update driver dan windows tidak work adalah install ulang sistem operasi windows aja. biar semua kembali ke fitrahnya wkwk. serius nanti lega, enteng lagi kok.

Tapi nih, semisal lagi ngadepin aplikasi yang terusss muter muter nunggu not responding ga selesai selesai bisa lakukan cara dibawah ini.

Kalo masih bisa liat taskbar di bagian bawah yg ada logo windows sebelah pojok kiri bawah itu pas aplikasi ngehang atau not responding masih slamet deh bisa lakuin.

Cara halus Tutup Program yang Not Responding:

  1. Klik kanan.
  2. Pilih task manager.
  3. Perhatiin di kolom status program yang ada tulisan "Not Responding".
  4. Klik kanan pada program tersebut.
  5. Pilih End Task.
  6. Selesai.

Cara Halus Agak Repot Dikit Buat Menutup Program yang Not Responding:

  1. Klik kanan pada desktop dan pilih New > Shortcut.
  2. Masukkan Tulisan berikut pada box: taskkill.exe /f /fi "status eq not responding" (dengan tanda kutip) lalu klik Next. 
  3. Setelah itu akan ada sebuah shortcut baru dengan nama taskkill.
  4. Double klik shortcut tersebut setiap program mengalami Not Responding maka secara otomatis komputer akan mengidentifikasi dan menutup program tersebut.

Kalo masih dalam kondisi kaya diatas masih bisa seperti itu, tapi nih kalo udah ngeblock Not Respondingnya selayar ini harus di cara agak keras, begini.

Cara Agak Keras Tutup Program yang Not Responding:

  1. Tekan tombol Windows deket alt sebelah kiri barengan sama tombol L (Windows + L).
  2. Klik di kursor sampai muncul menu di sebelah pojok Kanan Bawah.
  3. Pilih Restart untuk merestart Pc/Laptop atau Pilih Shutdown (opsional, saran saya shutdown aja).
  4. Pc/Laptop akan shutdown secara halus.

Kondisi diatas kalo masih bisa muncul ya ketika di tekan Windows + L keliatan menu buat pilih restart, shutdown apa sleep. Kalo kondisi udah ngheang gini jangan di sleep, nanti kadang ketika di open lagi masih muncul Not Responding di programnya. Pilih shutdown aja udah memangkas waktu.

Nah, itu kalo pake cara agak keras nutup program not respondingnya, kalo udah ga muncul lagi ketika di tekan tombol Windows + L yaudah cara terakhir adalah cara keras. Mau tau? gampang banget. tapi agak kasian buat si harddiskmu, jangan sering-sering dipake cara keras ini ya. Eman-eman tenan harddisk Pc/Laptopmu. Tapi akan saya ajarkan.

Cara Keras dan Kasar Tutup Program yang Not Responding:

  1. Lihat tombol power Pc/Laptop.
  2. Tekan pelan-pelan pakai hati dan perasaan ya ini jangan pake emosi, hehe ini beneran.
  3. Rasakan sampai mesin di Pc/Laptopmu sudah tidak bekerja lagi dengan melihat juga lampu indikator powermu.
  4. Kalo sudah mati, berarti sudah selesai.
  5. Cabut kabel power Pc/Laptopmu dari sumber listrik rumah.
  6. Tunggu sejenak beberapa waktu buat relax.
  7. Tancapkan lagi kabel power dan nyalakan lagi dengan penuh perasaan.
  8. Selesai.

Selama ini sih begitu pengalaman nanganin program yang not responding, jangan lupa libatkan hati dan perasaan serta doa ya, karena ini beneran percaya ngga percaya ada pengaruhnya diluar kendali manusia, hehe pengalaman beneran saya tentang hal ini. ada dimensi yang lain yang kita tidak tahu atau dibawah sadar alam manusia.

Contoh simplenya ini deh, kamu punya adek terus kamu perhatiin terus tuh adekmu dengan kasih sayang nanti adekmu juga bakal sayang sendiri sama kamu dengan perlakuanmu yang seperti itu, tapi coba bayangkan dengan kamu memperlakukan adekmu dengan kasar dan keras, maka adekmu juga males sama kamu, ngga respect lagi sama kamu, nah ini secara ngga langsung ke benda-benda di sekitar kita juga seperti itu kalo kalian pengen tahu ada dimensi lain yang kita tidak ketahui, karena semua ada di bawah alam sadar manusia.

Biar barang-barangmu awet, perlakukanlah dengan kasih sayang juga dan bijak.

Begitu ya kurang lebihnya, panjang banget sudah saya update artikel lawas tanggal 31 Maret 2012 diupload jam 23:14 ini tentang cara atasi program not responding di pc/laptop. Kalo bermanfaat silakan share ya, semoga kebaikan selalu diberikan kepada kita semua. Amiin.


0 Response to "Not Responding? Lakukan Cara Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Banner 300x250 dan Popunder (NOW ADSENSE)

Iklan Tengah Artikel 1 (Direct Link dulu ex Banner 300x250)

Iklan Tengah Artikel 2 Social Bar (adpt) ADSENSE

Iklan Bawah Artikel Banner 300x250 (NOW ADSENSE)