Internet Pertama Dari Sini

internet-dan-sejarah-penemu

Internet.

Sekarang udah bisa keliling ke seluruh dunia via google maps, bisa chattingan ke temen di luar negeri juga gampang, semakin gampang teknologi saat ini di dukung oleh jaringan Internet.

Tapi apakah selama ini yang digunakan anda tahu sejarahnya? ya, maksud saya sejarah awal mulanya internet yang dapat membantu kita di era jaman sekarang.

Internet pada awalnya ditemukan sejak tahun 1969 digagas oleh ARPANET dalam naungan ARPA atau United States Departemen of Defense Advanced Research Project Ageny, dari sini dimulailah penelitian awal yang dimotori oleh ARPANET termasuk sistem Decentralised Network, Queueing Theory, dan Packet Switching.

Tepat di bulan Januari tanggal 1 tahun 1983, ARPANET mulai menukarkan protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP. Dari sinilah kita mulai kenal yang namanya Internet.

Setelah berjalan sekitar tahun 1990 kini internet mulai dikembangkan dan mampu menghubungkan ke seluruh jaringan-jaringan komputer dari satu tempat ke tempat yang lain hingga seluruh dunia.

Pada saat ini internet telah didukung oleh jaringan www atau Word Wide Web sekitar 0.0001%.

Asalkan anda tahu Internet sudah dijaga dengan adanya perjanjian mulilateral dan teknis spesifikasi yang merupakan penjelasan perpindahan data di setiap rangkaian.

Protokol-protokol yang terdapat di Internet juga berawal dari diskusi bersama Internet Engineering Task Force ataua IETF yang di publikasian secara umum. IEETF ini merupakan badan yang bertanggung jawab mengeluarkan dokumen yang dikenali RFC atau Request for Comments. Sebagian dari RFC ini menjadi standar internet yang disahkan oleh Internet Architecture Board atau IAB.

Saat ini protokol-protokol internet yang sering dijumpai seperti IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, TELNET, FTP, LDAP, dan SSL. Tau nggak? hehe

Protokol tersebut diatas biasa digunakan untuk email, grup berita, file sharing, world wide web, session access, finger dll. Tapi yang paling banyak digunakan adalah protokol Email dan WWW. Buat akses web dan kirim-kirim email gitu, hehe

Internet juga mampu membuat layanan servis secara langsung atau Real Time Service seperti penggunaan pada web confrence, chatting, dan radio realtime di seluruh dunia.

Untuk layanan internet yang paling populer berdasarkan Proprietary System adalah ICQ, IRC, AIM, Guntella, dan CDDB.

Jadi gimana? sering pakai internetan sekarang sudah tahu kan gimana sejarah internet itu? biar ngeh kalo ditanya jawabnya juga bisa, nggak cuma plonga plongo :p

Semoga terbuka ya, wawasan tentang Internet itu apa dan bagaimana sejarahnya.

Bagaimana? Sudah jelas belum? Silakan share atau bookmark halaman tentang internet ini bila informasi ini bermanfaat, jangan lupa selalu tebarkan hal-hal positif di lingkunganmu~


Updated - First time post on 29 Sep 2011.

0 Response to "Internet Pertama Dari Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Banner 300x250 dan Popunder (NOW ADSENSE)

Iklan Tengah Artikel 1 (Direct Link dulu ex Banner 300x250)

Iklan Tengah Artikel 2 Social Bar (adpt) ADSENSE

Iklan Bawah Artikel Banner 300x250 (NOW ADSENSE)